Kamis, 17 November 2016

No Internet No Problem! Nih 10 Aplikasi Offline Android Terbaik 2016

No Internet No Problem! Nih 10 Aplikasi Offline Android Terbaik 2016

Kali ini, Jaka mau bahas aplikasi offline Android terbaik nih. Tak dipungkiri,
sekarang harga paket data seluler lebih murah. Koneksi WiFi juga banyak bertebaran di mana-mana. Seiring dengan waktu, mulai banyak aplikasi Android yang berjalan secara online atau harus menggunakan koneksi Internet.
Namun, terkadang tidak semua tempat memiliki sinyal Internet yang bagus. Bahkan, ada beberapa tempat tertentu yang sama sekali tidak memiliki koneksi Internet.
Imbasnya, beberapa aplikasi tidak dapat digunakan secara maksimal tanpa koneksi Internet. Maka dari itu, berikut tips dan trik 10 aplikasi offline Android terbaik.

Aplikasi Offline Android Terbaik

1. Google Maps

aplikasi-offline-android-terbaik-1
Mungkin ada saatnya di mana kamu membutuhkan petunjuk arah. Namun, ternyata kamu tidak mendapat koneksi Internet. Repot bukan? Maka dari itu, kamu dapat mengunduh area dan melakukan navigasi secara offline.
Jadi, apabila kamu bepergian ke tempat yang Internetnya lambat atau tarif data selulernya mahal, kamu dapat menyimpan area dari Google Maps ke smartphone untuk menggunakannya saat offline. Caranya yaitu:
  • Buka aplikasi Google Maps di smartphone kamu.
  • Pastikan ponsel kamu terhubung ke Internet dan masuk ke Google Maps.
  • Di kiri atas, tap Menu dan pilih Area offline.
  • Dari situ kamu bisa memilih area yang ingin kamu jadikan offline, misalnya Jakarta.
  • Pilih download.
Mudah bukan? Area offline yang diunduh otomatis tersimpan di penyimpanan internal, tetapi kamu dapat mengaturnya di kartu SD, Setelah mengunduh suatu area, gunakan aplikasi Google Maps seperti biasanya. Kamu bisa mendapatkan petunjuk arah dan melihat rute, menggunakan navigasi, dan menelusuri lokasi. Lebih lanjut, kamu bisa baca artikel berikut: Fitur Baru Google Maps Khusus Indonesia.

2. BaBe - Baca Berita Indonesia

Ingin baca berita tapi paket kuota lagi kembang kempis? Buka aplikasi BaBe aja, dijamin hemat kuota. Nggak perlu repot-repot buka Google atau situs penyedia berita satu per satu.
BaBe menampilkan berita dari berbagai situs dan portal terpercaya dan terkemuka dengan berbagai topik. BaBe juga dapat digunakan secara offline. Nah, caranya:
  • Buka aplikasi BaBe secara online.
  • Muncul Beritaku di halaman utama dengan sistem personalisasi yang canggih. BaBe tahu loh topik-topik apa yang sering kamu baca.
  • Kamu klik juga tab terbaru dan terpopuler.
  • Selanjutnya matikan koneksi Internet dan kamu tetap bisa membaca puluhan berita secara offline. Bagaimana, meski sedang miskin kuota tapi jangan sampai ketinggalan informasi terkini. Adapun kelemahan dari cara ini, yaitu gambar dalam artikel tidak akan muncul dan ketika kamu keluar dari aplikasi akan butuh koneksi Internet lagi. Ya, setidaknya bisa jadi alternatif kan?
  • 3. Prisma

  • Berbeda dengan aplikasi edit foto lain yang menerapkan sistem filter secara online. Prismamenawarkan kemampuan edit foto dan video secara offline dengan bantuan AI (Artificial Inteligence) untuk memberikan efek artistik yang detail. Di awal kemunculannya, Prisma memang sangat digandrungi. Namun, kamu harus terhubung Internet untuk menggunakannya. Beruntung, Prisma kini sudah bisa digunakan secara offline. Jadi, lebih asyik kan?
  • 4. YouTube

  • YouTube kini menjadi platform yang sangat mudah diakses oleh siapa pun dengan smartphone mereka. Belakangan ini banyak yang memperdebatkan mengenai YouTube lebih dari TV. Bagaimana pendapat kamu?
    Bisa iya, bisa tidak. Harus diakui, makin banyak konten-konten video berkualitas yang dihadirkan oleh YouTuber kreatif Indonesia.
    Namun, masih telalu mudah juga menemukan konten negatif di YouTube yang harusnya tidak dikonsumsi oleh kalangan tertentu seperti anak-anak misalnya. Jadi melebar ke mana-mana ya pembahasannya. Kembali ke topik, YouTube juga merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara offline. Ya, sebelumnya kamu harus menyimpan dulu video favorit kamu dan kemudian "Save offline". Beres kan!
  • 5. Google Translate

  • Siapa yang tidak kenal dengan Google Translate? Salah satu aplikasi buatan Google yang sudah lama ada dan banyak membantu untuk menerjemahkan bahasa-bahasa yang tidak kita ketahui.
    Salah satu fitur andalan Google Translateadalah bisa menerjemahkan berbagai kata dan kalimat tanpa koneksi Internet alias Google Translate Offline. Untuk menggunakan Google Translate tanpa koneksi Internet (offline) tentunya akan menghemat paket data Internet kamu saat menerjemahkan berbagai macam kata dan kalimat. Untuk kamu yang ingin menggunakan Google Translate tanpa koneksi Internet, kamu bisa baca artikel berikut: Cara Menggunakan Google Translate Tanpa Koneksi Internet (Offline).

    6. Google Chrome

  • aplikasi-offline-android-terbaru-2
    Kata siapa kegiatan browsing cuma bisa dilakukan saat kita terhubung ke koneksi Internet doang? Kamu juga bisa browsing Internet di Google Chrome Android tanpa koneksi Internet, alias offline dengan cara yang cepat dan mudah.
    Cara ini bisa kamu manfaatkan ketika kamu berada di tempat-tempat yang minim koneksi Internet. Seperti di perjalanan, gedung tinggi, maupun di alam terbuka yang jauh dari BTS. Dengan begitu, kita tetap bisa membaca situs dan artikel kesukaan tanpa harus takut mati gaya karena tidak ada Internet. Lebih lengkap, caranya bisa dibaca di artikel berikut: Cara Browsing di Google Chrome Android Tanpa Koneksi Internet (Offline).

    7. Spotify

    aplikasi-offline-android-terbaru-3
    Untuk mendengarkan lagu baru, lagu lama, lagu yang sedang viral, kini kamu nggak perlu repot-repot lagi download di Internet. Kamu bisa mendengarkan berbagai lagu favorit secara legal menggunakan Spotify.
    Ya, selain bisa streaming online. Kamu juga bisa mengaturnya untuk digunakan dalam modus offline. Tentunya sebelumnya kamu harus melakukan download terlebih dahulu. Caranya gampang, pilih kategori musik tertentu dan klik "download". Spotify akan mengunduh lagu tersebut buat kamu, disarankan mengunduh ketika terhubung dengan WiFi gratis ya. Biar hemat kuota, jadi nantinya bisa dimainkan meski tanpa koneksi Internet.

    8. Journey

    aplikasi-offline-android-terbaru-4
    Siapa di antara kamu yang masih rajin menulis catatan harian? Atau buat kamu seorang Blogger maupun jurnalis, maka wajib banget menggunakan aplikasi yang satu ini. Ya, banyak banget alasan kenapa Jaka merekomendasikan Journey. Selain bisa digunakan secara offline, kamu akan mendapatkan sebuah aplikasi yang sangat powerful untuk menunjang kegiatan menulis, mengatur jadwal, dan masih banyak lagi. Langsung coba sendiri aja deh.

    9. WPS Office

  • Urusan mengelola file pekerjaan, banyak banget aplikasi andal yang digunakan untuk mengelola dokumen kantor. Ada nama besar seperti Google dan Microsoft yang menyediakan aplikasi office di Android.
    Nah, salah satu aplikasi office terbaik untuk Android yang bisa digunakan secara offline adalah WPS OfficeAplikasi ini menawarkan paket lengkap, yang terintegrasi dengan Memo, Dokumen, Sheet, dan Presentasi. Memudahkan kamu mengedit, membuat, dan membaca dokumen dengan cepat meski tanpa bantuan Internet.
    Aplikasi ini kompatibilitas penuh dengan Microsoft Office (Word, PowerPoint, Excel dan Txt), Google Docs, Sheets, Slide dan PDF, dan Adobe PDF.

    10. Offline Directionaries

    aplikasi-offline-android-terbaru-5
    Offline Directionaries ini ini tidak jauh berbeda dengan cara kerjanya si Google Translate. Kamu dapat mengakses kamus tersebut tanpa Internet sekalipun. Namun, hal yang diwajibkan adalah package yang isinya kumpulan arti kata dari beberapa negara.
    Hal tersebut memang membuat nyaman, namun kita harus mengaktifkan Internet terlebih dahulu sebelum menggunakannya secara offline.
    Bagaimana dengan kumpulan Aplikasi offlineuntuk Android yang memiliki banyak manfaat untuk kita? Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencarinya dan jangan lupa tambahkan aplikasi lainnya yang tidak membutuhkan koneksi Internet di komentar, lalu share artikel ini kepada teman-teman kamu ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar