Rabu, 23 November 2016

Inilah Bahaya Virus Trojan dan Cara Menghilangkannya

Inilah Bahaya Virus Trojan dan Cara Menghilangkannya

Penggunaan komputer dalam era modern seperti saat ini memang kian meningkat.
Beragam spesifikasi PC untuk setiap bidang dapat dibuat sesuai dengan keinginan. Tapi, bukan berarti kamu nggak bakal ketemu masalah, sebab virus Trojan masih berkeliaran.
Apa itu virus Trojan? Trojan adalah keamanan komputer yang merujuk kepada sebuah bentuk perangkat lunak yang mencurigakan. Ini juga biasa disebut malicious software/malware, yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Nah, bagaimana virus ini tersebar?

Inilah Bahayanya Virus Trojan dan Cara Menghilangkannya

apa itu trojan
Biasanya, virus Trojan dapat menjangkit komputermu melalui flashdiskhardisk, saat browsing, dan menginstal satu software. Virus ini pun akan menyebabkan komputermu menjadi lambat (lemot). Hebatnya, virus tersebut mampu untuk mencuri data penting.
Kemudian, virus ini pun bisa merusak sistem operasi sebuah perangkat PC. Dengan begitu, Trojan merupakan salah satu virus yang mampu mempengaruhi sistem pada komputer. Lalu, bagaimana cara menghilangkannya?

Cara Menghilangkan dan Menghindari Virus Trojan

1. Jangan Pernah Buka Lampiran pada Email

apa itu trojan 1
Dalam setiap penggunaan email, pasti ada banyak email yang bermunculan, baik di inboxataupun spam. Nah, dari pesan-pesan tersebut, tidak sedikit yang menyisipkan lampiran. Biasanya, file tersebut memiliki format .VBS, .EXE, .BAT, dan lain sebagainya. Maka dari itu, kalau ada pesan masuk di email yang tidak diketahui, diamkan saja atau hapus pesan tersebut.

2. Uninstall Program yang Mengerikan

apa itu trojan 2
Cara selanjutya adalah kamu harus memeriksa secara rutin program-program yang ada di komputer kamu. Pasalnya, jika Trojan menyerang, maka dapat dipastikan kalau akan ada banyak program yang terinstal tanpa kamu sadari. Jika begitu, hapus dan uninstall program tersebut, karena akan berdampak mengerikan brader.

3. Buka Registry Editor

apa itu trojan 3
Untuk membuka Registry Editor, maka kamu harus menjalankan program Run terlebih dahulu atau mengaksesnya dengan tombol Windows+R. Selanjutnya, kamu akan melihat HKEY_CURRENT_USER. Dengan begini, kamu dapat melihat program apa saja yang terinstal secara tiba-tiba tanpa kamu ketahui. Jika kamu bingung dan merasa program tersebut penting, maka browsing saja nama program itu. Jika itu terbukti Trojan, segeralah hapus.

4. Update Antivirus dan Antimalware

apa itu trojan 4
Untuk menghapus dan membuang segala macam Trojan, kamu bisa menggunakan antivirus dan antimalware pada komputermu. Salah satu yang bisa kamu andalkan adalah Comodo Internet Security. Atau, Kamu bisa membaca artikel 5 Antivirus Komputer Terbaik dan Gratis Januari 2016.

5. Scan Dalam Safe Mode

apa itu trojan 5
Poin terakhir ini, wajib kamu lakukan apabila kamu benar-benar sudah muak dengan Trojan dan segera ingin menghapusnya. Kamu bisa masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 saat komputer baru dinyalakan. Kemudian, pilih Safe Mode dan setelah itu, lakukan scandalam mode ini.
Semua hal di atas ini menjelaskan apa itu Trojan dan bagaimana solusi untuk menghilangkannya serta menghindarinya, yang dikutip dari TechViral. Semoga, artikel ini dapat memberikan manfaat untuk kamu. Sharependapatmu melalui kolom komentar di bawah ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar