Rabu, 07 Desember 2016

TUGAS 1 INPUT & OUTPUT


Perangkat Masukan (Input Device)
 
1. Keyboard
Keyboard adalah perangkat input yang paling umum dan sangat populer yang membantu dalam memasukkan data ke komputer. Tata letak keyboard adalah seperti itu dari mesin ketik tradisional, meskipun ada beberapa tombol tambahan yang disediakan untuk melakukan fungsi-fungsi tambahan.


2. Mouse
Mouse perangkat penunjuk paling populer. Ini adalah perangkat kontrol kursor yang sangat terkenal memiliki kotak ukuran telapak kecil dengan bola bulat pada dasarnya yang merasakan gerakan mouse dan mengirimkan sinyal yang sesuai untuk CPU ketika tombol mouse ditekan.


3. Joystick
Joystick juga perangkat penunjuk yang digunakan untuk memindahkan posisi kursor pada layar monitor. Ini adalah tongkat memiliki bola bola di kedua ujungnya bawah dan atas. Bola bola rendah bergerak dalam soket. joystick dapat dipindahkan di keempat arah. Fungsi joystick mirip dengan mouse. Hal ini terutama digunakan dalam Computer Aided Merancang (CAD) dan bermain game komputer.

4. Light Pen
Light Pen adalah perangkat penunjuk yang mirip dengan pena. Hal ini digunakan untuk memilih item menu yang ditampilkan atau menggambar gambar pada layar monitor. Ini terdiri dari fotosel dan sistem optik ditempatkan dalam sebuah tabung kecil. Ketika ujung pena cahaya pindah layar monitor dan tombol pena ditekan, elemen photocell penginderaan mendeteksi lokasi layar dan mengirimkan sinyal yang sesuai ke CPU.
5. Track Ball
Track ball adalah perangkat input yang banyak digunakan di notebook atau komputer laptop, bukan mouse. Ini adalah bola yang setengah dimasukkan dan oleh jari pada bola bergerak, pointer dapat dipindahkan. Karena seluruh perangkat tidak bergerak, track ball membutuhkan ruang kurang dari mouse. Sebuah track ball datang dalam berbagai bentuk seperti bola, tombol dan persegi.

6. Scanner
Scanner adalah perangkat input yang bekerja lebih seperti mesin fotokopi. Hal ini digunakan ketika beberapa informasi yang tersedia di atas kertas dan itu harus dipindahkan ke hard disk komputer untuk manipulasi lebih lanjut. Scanner menangkap gambar dari sumber yang kemudian dikonversi ke dalam bentuk digital yang dapat disimpan pada disk. Gambar-gambar ini bisa diedit sebelum dicetak.
7. Digitizer
Digitizer adalah perangkat input yang mengubah informasi analog ke dalam bentuk digital. Digitizer dapat mengkonversi sinyal dari televisi atau kamera menjadi serangkaian nomor yang dapat disimpan dalam komputer. Mereka dapat digunakan oleh komputer untuk menciptakan gambaran dari apa pun kamera telah menunjuk. Digitizer juga dikenal sebagai Tablet atau Graphics Tablet karena mengubah grafis dan data bergambar ke input biner. Sebuah tablet grafis sebagai digitizer digunakan untuk melakukan pekerjaan baik dari gambar dan manipulasi gambar aplikasi.

8. Mikropon
Mikrofon adalah sebuah perangkat input untuk input suara yang kemudian disimpan dalam bentuk digital. mikrofon digunakan untuk berbagai aplikasi seperti menambahkan suara ke presentasi multimedia atau untuk mencampur music
9. BarCode Reader
BarCode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca kode bar data (data dalam bentuk cahaya dan garis-garis gelap). Bar data yang dikodekan umumnya digunakan dalam barang-barang label, penomoran buku dll. Ini mungkin diadakan scanner tangan atau mungkin tertanam dalam scanner stasioner. Bar Code Reader memindai gambar kode bar, mengubahnya menjadi nilai alfanumerik yang kemudian diumpankan ke komputer yang bar code reader terhubung.

10. Optical Mark Reader (OMR)
OMR adalah tipe khusus dari scanner optik digunakan untuk mengenali jenis tanda yang dibuat dengan pena atau pensil. Hal ini digunakan di mana salah satu dari beberapa alternatif yang akan dipilih dan ditandai. Hal ini khusus digunakan untuk memeriksa lembar jawaban ujian memiliki beberapa pertanyaan pilihan.
11. CD ROM / DVD
ROM CD ROM / DVD ROM adalah perangkat yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data CD atau DVD.
12. Flashdisk
Flashdisk adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dengan ukuran kapasitas ternetntu. Ada yang 2GB, 4GB, 8GB, 16GB, sampai 32GB kapasitas penyimpanan.
13. CD (Compact Disk)
CD (Compact Disk) adalah perangkat yang digunakan sebagai media penyimpanan dan pembacaan data menggunakan sistem optik yang terbuat dari bahan plastik.

14. Touchpad
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama dengan mouse.

15. WebCam
WebCam adalah sebutan bagi kamera real-time yang gambarnya bisa di akses atau dilihat melalui WWW (World Wide Web), program instant messaging atau aplikasi video call yang memasukan hasil data rekaman dan dibentuk dalam format digital.

Perangkat Keluaran (Output Device)

1. Monitor
Monitor adalah sebuah perangkat keras yang digunakan untuk mengeluarkan hasil pemerosesan yang dilakukan oleh komputer berupa informasi yang dibutuhkan oleh orang yang memakai komputer.
2. Printer
Printer adalah perangkat keras keluaran yang digunakan untuk mencetak data seperti gambar/foto, tulisan pada media kertas.
3. Speaker
Speaker adalah perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemerosesan berupa suara dari komputer.
4. Projector
Projector adalah perangkat keras yang mengintegrasikan sumber cahaya, sistem optic elektronik, dan display dengan tujuan untuk memproyeksikan gambar atau video ke dinding atau layar.
5. Network Card
Network Card adalah perangkat keras yang digunakan sebagai jembatan penghubung antara komputer server dengan komputer client.
6. Tv Tuner
Card Tv Tuner Card adalah perangkat keras yang digunakan untuk menyiarkan tv pada komputer.
7. Modem 
Modem adalah perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Modem juga bisa sebagai media masukan ataupun keluaran.
8. Cutting Plotter
Cutting Plotter merupakan perangkat output pertama yang mampu mencetak gambar berukuran besar seperti gambar arsitektur dan gambar engineering. Biasanya mesin ini digunakan para pengusaha desain untuk membuat gambar-gambar besar seperti arsitektur, peta ataupun gambar desain grafis yang berukuran besar. Mesin Cutting Plotter Mesin ini disebut juga dengan Mesin cutting Sticker atau Mesin Vinyl Cutter.
9. Headset (Headphones)
Headset adalah gabungan antara headphone dan mikrofon. Alat ini biasanya digunakan untuk mendengarkan suara dan berbicara dengan perangkat komunikasi atau komputer, misalnya untuk VoIP.

Pengertian ALU (Arithmatic Logical Unit)

Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah komponen dalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi perhitungan aritmatika dan logika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkan contoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di mana hasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori. Adapun alur proses dari ALU yang ditunjukan oleh gambar dibawah ini:
Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksi yang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakan sistem bilangan biner two’s complement. ALU mendapat data dari register. Kemudian data tersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU output register, sebelum disimpan dalam memori. Processor terdiri dari 4 elemen yang melakukan sistem operasi terhadap data, 4 elemen itu adalah instruksi, petunjuk instruksi, beberapa register dan ALU (Arithmetic Logic Unit). Adalah sebuah petunjuk instruksi akan memberi tahu processor dimana instruksi dari sebuah aplikasi diletakkan di memori.
Pengertian CU (Control Unit )

Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut. Pada awal-awal desain komputer, CU diimplementasikan sebagai ad-hoc logic yang susah untuk didesain. Sekarang, CU diimplementasikan sebagai sebuah microprogram yang disimpan di dalam tempat penyimpanan kontrol (control store). Beberapa word dari microprogram dipilih oleh microsequencer dan bit yang datang dari word-word tersebut akan secara langsung mengontrol bagian-bagian berbeda dari perangkat tersebut, termasuk di antaranya adalah register, ALU, register instruksi, bus dan peralatan input/output di luar chip. Pada komputer modern, setiap subsistem ini telah memiliki kontrolernya masing-masing, dengan CU sebagai pemantaunya (supervisor).
Pengertian RAM

Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM – Berikut akan kami jelaskan mengenai bagian penting pada komputer yaitu RAM (Random Acces Memory). Pengertian RAM Komputer, RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer. Berikut adalah jenis-jenis dari RAM.
1. RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
Pengertian RAM, Fungsi RAM dan Jenis RAM
3. RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
4. SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang terdapat di dalamnya tetap tersimpan dengan baik. RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. SDRAM.
5. EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Pengertian ROM
ROM kependekan dari Read Only Memory, yaitu perangkat keras pada komputer berupa chip memori semikonduktor yang isinya hanya dapat dibaca. ROM tidak dapat digolongkan sebagai RAM, walaupun keduanya memiliki kesamaan yaitu dapat diakses secara acak (random). ROM berbeda dengan RAM. Perbedaan diantara keduanya antara lain:
1. ROM tidak dapat diisi atau ditulisi data sewaktu-waktu seperti RAM. Pengisian atau penulisan data, informasi, ataupun program pada ROM memerlukan proses khusus yang tidak semudah dan se-fleksibel cara penulisan pada RAM. Biasanya, data atau program yang tertulis pada ROM diisi oleh pabrik yang membuatnya. Umumnya ROM digunakan untuk menyimpan firmware, yaitu perangkat lunak yang berhubungan dengan perangkat keras. Contoh ROM semacam ini adalah ROM BIOS. ROM BIOS berisi program dasar sistem komputer yang berfungsi untuk mengatur dan menyiapkan semua peralatan atau komponen yang ada atau yang terpasang pada komputer saat komputer ‘dinyalakan/dihidupkan’.
2. Informasi/data/program yang tertulis pada ROM (isi ROM) bersifat permanen dan tidak mudah hilang dan tidak mudah berubah walaupun komputer ‘dimatikan’ atau dalam keadaan mati (off). Sedangkan pada RAM, semua isinya (baik berupa data, program atau informasi) akan hilang dengan sendirinya jika komputer ‘dimatikan’ (dalam keadaan off).
3. ROM dapat menyimpan data tanpa membutuhkan daya. Itulah sebabnya data dalam ROM tidak akan hilang walaupun komputer mati. Sedangkan RAM membutuhkan daya agar dapat menyimpan data, jika RAM tidak mendapatkan daya, dengan sendirinya tidak akan dapat menyimpan data. Hal inilah yang menyebabkan data yang terdapat dalam RAM secara otomatis akan hilang bila komputer mati (off).
4. ROM modern sering ditemukan dalam bentuk IC (Integrated Circuit), sama seperti RAM yag wujudnya kebanyakan juga berupa IC. Teks atau kode yang tertulis pada kedua jenis IC ini berbeda. IC ROM biasanya memiliki kode tulisan (teks) 27xxx. Angka 27 menunjukkan kode untuk ROM, sedangkan xxx menjunjukkan kapasitas ROM dalan satuan kilo bit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar